,

Nasir Janji Perdayakan Sektor Perikanan dan Pertanian Riau Menembus Pasar Dunia

Kamis, 24 Oktober 2024, 8:23 PM WIB Last Updated 2024-10-24T13:23:16Z

ORBITRAYA.COM, BENGKALIS - Kampanye dialogis Calon Gubernur (Cagub) Riau nomor urut 2, H Muhammad Nasir di Jalan Utama, Gang Masjid, RT 07/RW 03, Kelurahan Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Selasa (22/10/2024) malam, berhasil memukau 400 warga yang hadir. Warga tampak antusias dengan visi, misi dan program yang ditawarkan pasangan Nasir Wardan Riau Bersatu (Nawaitu) jika diamanahkan memimpin Provinsi Riau.


Salah satu program Nasir Wardan yang menarik perhatian masyarakat adalah komitmen Nasir Wardan terhadap potensi perikanan dan pertanian di Provinsi Riau, tak terkecuali Kabupaten Bengkalis sebagai tumpuan untuk peningkatan ekonomi daerah dengan cara hilirisasi dan ekspor. 


Diakui Nasir, Provinsi Riau merupakan provinsi kaya di Indonesia. Riau memiliki potensi yang sangat luar biasa di sektor perikanan dan pertanian. Sektor itu perlu dikuatkan seiring dengan tantangan kedepan soal ketahanan dan kedaulatan pangan. Tentunya, apa yang ditawarkan Nasir Wardan sejalan dengan program Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto.


"Hilirisasi perikanan dan pertanian ini akan menjadi garapan kita bersama, khususnya kalau Nasir mendapat kesempatan jadi Gubernur Riau. Ini yang akan kita dorong, hilirasi, pengolahan, itu bisa menjadi pasar ekspor dan itu penting. Kita ingin potensi perikanan dan pertanian di Riau ini menembus pasar dunia," ucap Nasir diiringi tepuk tangan ratusan warga yang hadir.


Nasir berjanji bakal memberdayakan sektor perikanan dan pertanian. Menurutnya, perlu kebijakan perlindungan sosial yang kuat serta peningkatan infrastruktur keselamatan bagi para nelayan dan petani, termasuk teknologi pemantauan cuaca dan sistem peringatan dini.


Selain dua potensi itu, lanjut Nasir, Provinsi Riau juga memiliki potensi lain lewat pariwisata, pertambangan hingga ekonomi makro berbasis UMKM. Namun, potensi itu belum mampu dikemas dengan maksimal. Sehingga manfaatnya belum dirasakan merata oleh masyarakat. 


"Ini potensi yang sangat besar, namun demikian apakah potensi yang sangat besar ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Maka perlu ada semangat perubahan. Nasir Wardan siap membawa perubahan itu untuk masyarakat Riau yang sejahtera menuju Riau Emas," tutur Nasir.(yan)