,

SALEH DJASIT : dari Wahid Ke Syamsuar ; Ide dan Gagasannya bersama HM Nasir dan HM Wardan

Rabu, 11 September 2024, 9:57 PM WIB Last Updated 2024-09-11T14:57:42Z

ORBITRAYA.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau pada masanya, H. Saleh Djasit adalah salah satu Putra Terbaik Riau. Putra kelahiran Pujud, Rokan Hilir ini, adalah Alumni Secapa TNI AD tahun 1967. Dengan segudang Prestasi yang di miliki beliau di kemiliteran. Pernah menjadi Bupati Kampar, Gubernur Riau, hingga Anggota DPR RI dari Partai Golkar. 


Langkah Politik Gubernur beliau terhenti, untuk maju kedua kali nya, melalui pemilihan di DPRD Riau oleh HM Rusli Zainal, yang ketika itu menjadi Bupati Indragiri Hilir. 


Sebagai Politisi ketika itu beliau mencoba keberuntungan beliau maju menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar dari Riau, dengan Perolehan suara yang Signifikan mengantarkan beliau menjadi Anggota DPR RI dari Senayan.


Malang tak bisa di elak untung tak dapat di Raih, Perjalanan panjang Saleh Djasit terhenti karena tersandung kasus Korupsi pengadaan Mobil Damkar. Pak Saleh Djasit harus ikhlas masuk jeruji besi akibat tindakan melawan hukum dan merugikan negara. 


Saleh Djasit, Pada  kontestasi politik Riau 2024 ini, kembali tertarik dan di tarik dalam segala dinamikanya. Semula Pak Saleh masuk dalam pusaran FKPMR yang menolak pencalonan salah satu kandidat, kemudian semacam di Tarik dan Tertarik pada pusaran pasangan Abdul Wahid dan SF Hariyanto, tak berselang lama, sebelum penetapan calon beredar pula himbauan Pak Saleh Djasit di WAG dan media kepada pasangan SUWAI. 


Apapun itu, kemanapun dukungan Pak Saleh Djasit, kita harus hormati itu sebagai hak konstitusional beliau sebagai warga negara. 


*SMU Plus Prov Riau*


“Gagasan Peningkatan Sumber Daya Manusia Riau, yang di eksekusi pada masa Gubernur Saleh Djasit”.


Pada tahun Pelajaran 1998/1999, berdirilah SMU Plus Provinsi Riau, menerima siswa-siswi terbaik tamatan SMP se Provinsi Riau. Pendaftaran untuk masuk SMU Plus pun di buka, dengan tes administratif, tes tertulis dan Tes Kesehatan. SMU Plus berada di bawah Yayasan Bina Sumber Daya Manusia Riau, yang di ketua oleh Bapak Syarwan Hamid, dan Sekretarisnya kala itu adalah Bapak Saleh Djasit dan Tokoh-Tokoh Riau Lainnya. 


SMU Plus kini sudah banyak melahirkan alumni-alumni terbaiknya, yang tersebar di Riau, Indonesia bahkan Luar Negeri. Cita-cita mulia Para pendiri SMU Plus mungkin sudah mulai menampakkan secercah harapan buat Peningkatan Sumber Daya Manusia Riau.


*SMU Plus di Setiap Kab/Kota*


“Ikhtiar mewujudkan pendidikan Emas, dalam rangka mempersiapkan generasi Emas Riau”


Sejarah mencatat dengan Tinta Emas, bahwa Pak Saleh Djasit adalah Salah Satu Tokoh Utama yang masih ada atas ide pendirian SMU Plus Pertama di Riau.


Ide mulia ini tentu, adalah ide yang harus di lanjutkan. Dalam beberapa Diskusi di WAG, dan pemaparan langsung oleh pak HM Nasir sebagai Calon Gubernur di media, dan TIM pemenangan Kandidat Calon Gubernur Riau 2024. Pasangan Kandidat HM Nasir dan HM Wardan lah yang dengan *Tegas dan Gamblang menyampaikan ide akan membangun SMU Plus di setiap Kabupaten Kota di Riau*.Ide Pendirian SMU Plus yang merupakan Ide Emas pak Saleh Djasit, kini ide itu bersama dengan Program Super Prioritas HM Nasir dan HM Wardan, dalam Program *Pendidikan Emas* yang salah satu poin nya Pendirian SMU Plus, guna mempersiapkan Generasi Emas Riau.



Penulis 

*SULAIMANSYAH*

Mantan Ketum Badko HMI Riau Kepri

Ketua Umum Jaringan Menawan

Milleneal Nasir Wardan