,

Kukerta MBKM UNRI Adakan Sosialisasi Bullying dan Peningkatan Karakter di SDN 002 Peranap

Rabu, 14 Agustus 2024, 11:16 PM WIB Last Updated 2024-08-14T16:16:36Z

ORBITRAYA.COM, Desa Pauh Ranap – Mahasiswa/i yang menjalankan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) MBKM Universitas Riau di Desa Pauh Ranap telah melaksanakan sosialisasi bullying dan peningkatan karakter di SDN 002 Peranap pada hari Jum’at, 02 Agustus 2024.


Kegiatan ini melibatkan mahasiswa/i Kukerta dan siswa/i SDN 002 Peranap. Kegiatan ini berlangsung di salah satu ruangan kelas di SDN 002 Peranap. Sosialisasi mengenai bullying dan karakter dilakukan mengingat saat ini marak sekali terjadi kasus bullying terkhususnya di tingkat Sekolah Dasar. 


Tujuan sosialisasi ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait apa itu bullying, apa penyebab terjadi bullying, dan apa dampak bullying bagi korban maupun pelaku. Peningkatan karakter dilakukan dengan mensosialisasikan kepada peserta didik karakter apa saja yang harus mereka miliki sebagai seorang individu di tengah lingkungan sekolah dan masyarakat. 


Agenda ini dibuka oleh salah satu mahasiswi Kukerta Desa Pauh Ranap. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Murni selaku Kepala Sekolah SDN 002 Peranap. “Terima kasih kepada anak-anak Kukerta UNRI yang telah mau mengadakan acara sosialisasi bullying dan peningkatan karakter di sekolah kami. Harapannya, anak-anak semua dapat mengamalkan apa yang kakak-kakak nya sampaikan di kehidupan sehari-hari sehingga nantinya anak-anak Ibu semuanya akan menjadi anak yang baik,” ucap Murni. 


Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang diselingi dengan tanya jawab dan ice breaking agar sosialisasi yang dilakukan tidak terasa membosankan. Selain itu, juga terdapat kegiatan nonton bersama dengan tema Bullying yang merupakan program literasi digital. Di penghujung acara, seluruh peserta didik diminta untuk membuat poster STOP BULLYING!! sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing. Harapannya, kegiatan yang dilakukan dapat memberikan makna kepada seluruh peserta didik dan mampu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.