,

Sambut 10 Muharram, Sahabat Hati dan IPHT Bhakti Sosial Salurkan Sembako Kepada Masyarakat

Selasa, 16 Juli 2024, 1:25 PM WIB Last Updated 2024-07-16T06:25:30Z

 

ORBITRAYA.COM,KEMPAS - Dalam rangka menyambut 10 Muharram Sahabat Hati (H Ikbal Sayuti) Bersama Ikatan Pemuda Harapan Tani (IPHT) serta Mahasiswa KKN Undri melaksanakan Bhakti sosial menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, bertempat di KM 8, kelurahan Harapan Tani, kecamatan Kempas, Selasa (16/7/2024) pagi.

Saat dikonfirmasi awak media Ketua IPHT Mas Tio mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama, Sedekah dapat dilakukan kapan saja, begitu pula pada Muharram. Bulan tersebut mengandung banyak keutamaan hingga dikatakan sebagai bulannya Allah SWT atau syahrullah.


"Nah itu salah satu landasan kami Sehabat Hati dan IPHT melaksanakan kegiatan Bhakti sosial memberikan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu," ujar mas Tio disela kesibukannya sebagai pengusaha.


Mas Tio juga mengucapkan terimakasih kepada sahabat Hati dan IPHT serta Mahasiswa KKN yang sudah berpartisipasi dalam acara berbagai Bhakti sosial.


"Saya ucapkan terimakasih, kepada semuanya, sehingga pada hari ini di 10 Muharram kita bisa berbagi rezeki walaupun hanya sedikit, namun bisa membantu orang lain," tandasnya.

Hari Asyura bertepatan pada 10 Muharram. Dalam riwayat lainnya ada yang mengatakan bahwa bersedekah dengan makanan sama halnya dengan memberi makan kepada umat Rasulullah SAW sampai seluruhnya kenyang.


Sedekah tidak hanya diberikan kepada orang yang membutuhkan, melainkan juga keluarga. Abu Musa al-Madini meriwayatkan dari Ibnu Umar RA,


"Barang siapa berpuasa pada hari Asyura seakan-akan puasa satu tahun. Dan barang siapa bersedekah pada hari Asyura maka seperti sedekah satu tahun." (HR Al-Bazzar)


Muharram merupakan bulan dilipatgandakan amal baik dan buruk. Karenanya, Allah SWT menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak amal kebaikan dan melarang kemaksiatan serta kezaliman.