,

H Mansyur Sah Dilantik ketua BPC KKSS kecamatan Reteh Pridoe 2023- 2028

Sabtu, 07 Oktober 2023, 4:57 PM WIB Last Updated 2023-10-07T09:57:42Z



ORBITRAYA.COM,RETEH - Badan Pengurus Cabang (BPC) Kerukunan Keluarga Selawesi Selatan (KKSS) dan Ikatan Pemuda Selawesi Selatan (IPSS) kecamatan Reteh periode 2023- 2028 resmi dilantik. 


Pelantikan badan pengurus cabang BPC KKSS dan Ikatan Pemuda Selawesi selatan IPSS kecamatan Reteh 2023 - 2028 bertempat di gedung Serbaguna jalan Penunjang, kelurahan Pulau Kijang, kecamatan Reteh, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (7/10/2023) pagi.

Pelantikan BPC KKSS dan IPSS Kecamatan Reteh 2023- 2028 dengan tema "Merajut kebersamaan dalam bingkai kekeluargaan untuk mewujudkan kecamatan Reteh yang aman, damai dan sejahtera".


Kegiatan tersebut dihadiri, Wabup Inhil H Syamsuddin Uti, Ketua DPRD Inhil H Dr Ferryandi, Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Riau di Pekanbaru Andi Darma Taufik, Ketua KKSS kabupaten Indragiri Hilir H.Abdullah Mandu, camat Reteh berserta unsur Forkopincam Reteh, tokoh masyarakat Bugis kecamatan Reteh, Tokoh agama tokoh Pemuda, serta organisasi kemasyarakatan.


Saat diwawancarai awak media Ketua BPC KKSS kecamatan Reteh H Mansyur Dg Manesa mengatakan memohon dukungan dari pengurus untuk memimpin, sehingga roda organisasi kesukuan/paguyuban Bugis di Tanah Melayu ini dapat berjalan dengan lancar.


"Saya, diminta untuk menjadi ketua, tentunya semua itu sudah menjadi pertimbangan pengurus terdahulu BPC KKSS kecamatan Reteh, dengan itu saya meminta dukungan semua pihak, mudah-mudahan saya mampu menjaga dan membesarkan KKSS kecamatan Reteh," ungkap ketua BPC KKSS kecamatan Reteh pridoe 2023- 2028 H Mansyur Dg Manesa, sapaan akrabnya dikenal H Acok.


Dalam kesempatan tersebut H Mansyur mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang hadir di gedung Serbaguna ini dalam mengahdiri acara pelantikan BPC KKSS dan IPSS Kecamatan Reteh.


"Alhamdulillah hadir langsung, Wabup Inhil H Syamsuddin Uti, ketua DPRD Inhil H Dr Ferryandi dan ketua BPW KKSS provinsi Riau Andi Darma Taufik. Dan tamu undangan lainnya, dan terpenting panitia pelaksana yang sudah meluangkan waktu untuk mempersiapkan segalanya sehingga dapat terselenggara kegiatan ini dengan baik," ungkapnya.


Dijelaskan H Mansyur. Setelah proses urung rembuk atau kalau dalam istilah Bugis Tudang Sipulung maka diputuskan H.Mansyur sebagai ketua KKSS (Kerukunan Kekeluargaan Sulawesi Selatan) terpilih menggantikan H.Andi Masakkirang.



"Alhamdulillah, Saya mengucapkan banyak terima kasih atas amanah yang diberikan oleh para orang tua di KKSS, saudara, dan yang lainya. Tentunya butuh kerja sama semua pihak untuk memajukan KKSS ke depan saya juga butuh anak muda untuk memberikan kontribusi yang positif bagi KKSS. Maka dari itu saya mengajak seluruh pengurus dan orang bugis yang ada di kecamatan Reteh semakin kompak dan menjaga silaturahmi antara sesama," tandasnya.


Sementara itu Wabup Inhil H Syamsuddin Uti yang juga hadir acara pelantikan BPC KKSS dan IPSS Kecamatan Reteh dalam arahannya selamat kepada H Mansyur Dg Manesa sapaan akrab H Acok untuk memimpin sebuah organisasi peguyban BPC KKSS dan juga ketua IPSS 

kecamatan Reteh Dedi Mariyolo

masa periode 2023- 2028. 


Mudah-mudahan dengan dipimpin sahabat saya, H Mansyur sebagai ketua BPC KKSS kecamatan Reteh mampu berkontribusi untuk membangun kabupaten Indragiri Hilir.


Pada tersebut, Wabup H.Syamsuddin Uti menyampaikan pepatah bijaksana orang bugis yang berbunyi “Aju maluruemi riala parewa bola.” Arti dari pepatah tersebut yakni, hanyalah kayu yang lurus dijadikan ramuan rumah.

Rumah dalam pepatah tersebut diibaratkan sebagai seorang pemimpin. Sementara itu, kayu merupakan perilaku, sikap, serta pendirian dari orang tersebut.


"Kayu yang lurus memiliki kualitas bagus. Begitu pun kepribadian seorang pemimpin yang harus lurus sehingga bisa melaksanakan kewajiban, mengayomi, serta melindungi anggotanya," tutup Wabup.