,

Kodim 0314/Inhil Bersama Pengusaha Bantu Turunkan Alat Berat untuk Bersihkan Drainase Tersumbat

Senin, 24 Juli 2023, 10:59 PM WIB Last Updated 2023-07-24T15:59:51Z
Excavator saat membersihkan saluran drainase yang tersumbat di Parit 7 Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir.

ORBITRAYA.COM, TEMBILAHAN - Kodim 0314/Inhil bersama warga Parit 7 Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir turut di bantu beberapa  pengusaha turunkan alat berat untuk melakukan galian dan membersihkan drainase/got yang selama ini tersumbat sehingga menghambat saluran air. Ketika air pasang dan musim hujan yang mengakibatkan banjir.


Ketua RT 01 RW 05 H. Abdul Hadi, menjelaskan, bahwa sebelum adanya pembersihan ini, drainase itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


"Sebelum adanya dilaksanakan pembersihan ini, aliran drainase ini tidak jalan lagi karena terendam, tersumbat," katanya.


H. Abdul Hadi menuturkan, bahwa selama ini pihaknya sering membersihkan drainase/got tersebut bersama warganya. Namun hanya bagian atasnya saja, karena dalam got itu harus menggunakan alat berat untuk membersihkan secara keseluruhan.


"Kalau diatas aja itu sering di bersihkan, sementara untuk yang di dalam drainase baru ini dibersihkan," sambungnya.


Sementara itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, SH,M.Han, melalui Danramil 012 Batang Tuaka, Kapten Inf Tarmizi mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama warga sudah turun langsung ke lokasi memberikan drainase tersebut sudah 3 hari.


Hari ini kita mendapatkan laporan ataupun koordinasi dari pihak pemerintah terutama di sekitar Tembilan Hulu di Parit 7. Dengan hal koordinasi itulah kami turun kodim bersama warga,  sudah 3 hari melaksanakan pembersihan baik secara manual sudah kita turunkan kemarin hari Sabtu," ujarnya.


Selain itu, katanya lagi, untuk membersihkan secara total, agar tidak lagi terlihat kumuh pihaknya berkoordinasi dengan pengusaha setempat untuk menurunkan alat berat agar sampah-sampah yang ada di dalam drainase tersebut dapat diangkat dan dibersihkan.


"Selanjutkannya kita pinjamkan alat berat terutama dari pak H. David dan Ameng Sukur ataupun yang ada pengusaha disini untuk menggali kotoran-kotoran yang selama ini pasir sampah-sampah yang tidak berguna bisa diangkat dan bereskan, dan kita laksanakan jaraknya lebih kurang setengah kilo bisa bersih dalam 1 Minggu ini," sebutnya.


Selain itu, salah seorang warga disekitar lokasi mengucapkan terimakasih atas bantuan alat berat yang diturunkan untuk membantu membersihkan drainase di wilayah tempat tinggalnya.


"Kami atas nama warga RT 01, 02, dan 03 RW 05 mengucapkan terimakasih atas bantuannya dari Kodim dan para donatur yang telah membantu kami dengan adanya kegiatan pembersihan got ataupun drainase, mudah-mudahan nanti kekurangannya bisa kita usahakan semaksimal mungkin," pungkasnya.